9 Cerita Legenda Nenek-nenek Yang Menakutkan

Berita Bagus 001 – Pada tiap daerah memiliki kebudayaan, ataupun negara yang sudah memiliki legendanya masing-masing. Dalam cerita legenda tersebut sebagian juga memberikan pesan moral yang baik. Dan diantara sisanya diungkapkan sebagai cerita dongeng yang membuat takut para pendengarnya untuk yang mendongeng di malam harinya. Dongeng maupun legenda yang bernuansa gelap sering ,melibatkan sosok yang menakutkan. Sosok-sosok tersebut berwujud monster maupun manusia dengan penampilan yang menakutkan.

Dari sekian banyak cerita legenda maupun cerita rakyat  yang sering di turun temurunkan kepada anak cucu, diantaranya yang berhubungan dengan sebuah sosok  hantu wanita yang tua atau dikatakan sebagai nenek-nenek. Mayoritas yang diilustrasikan tampak dengan kondisi wajah yang menyeramkan dan yang begitu kejam. Banyak juga yang tidak meyakini jika makhluk tersebut diyakini sebagai pelindung rumah dan anak-anak.

Kita simak bersama saja, ada beberapa kisah makhluk tersebut.

1. Onibaba

Onibaba ini, merupakan sebuah sosok  yang memiliki wujud wanita yang tua yang terkenal pada cerita rakyat di Jepang. Mereka sangat diyakini akan berubah oni (setan), yang akan memendam kebencian ketika meregang nyawa. Jika wanita yang memiliki karma yang buruk setelah meninggal akan berubah menjadi wanita hantu tersebut.

Dalam karakter onibaba yang sering muncul dalam legenda, dongeng atau teater. Dua diantaranya merupakan kisah Momiji Densetsu dari Togakushi dan Suzuka Gozen.

2. Baba Yaga

Baba Yaga yang terkenal dalam cerita rakyat di Rusia. Makhluk dengan sosok dalam bentuk wanita tua yang sering terbang menggunakan alu besar yang terbuat dari kayu.

Kehidupan baba yaga berada di hutan yang gelap yang terdapat sebuah rumah begitu misterius. Orang-orang yang berkeyakinan dia merupakan makhluk yang sangat jahat karena mengganggu manusia. Cara baba yaga mengganggu manusia dengan cara memberi mantra kepada manusia maka akan kehilangan kewarasannya sehingga terjebak dalam hutan untuk selamanya.

3. Nenek kabayan

Nenek Kabayan merupakan salah satu kisah yang berasal dari Malaysia. Wujud yang di perlihatkan dalam bentuk wanita tua yang renta serta memiliki rambut putih kusut, mengenakan baju yang lusuh. Dengan memiliki mata merah yang sangat menakutkan, membuat anak-anak lari ketakutan.

Nenek kabayan tersebut memiliki banyak versi. Ada juga yang mengatakan jika dia tinggal pada langit-langit rumah, dan ketika malam hari muncul akan menakuti manusia yang tidur. Ada versi lainnya jika dia tinggal di pegunungan, dengan menghampiri manusia yang datang untuk mendapatkan sebuah pusaka.

4. Hantu Wanita Tua Dari Ostankino

Makhluk menyeramkan tersebut sering dikabarkan menampakan dirinya di distrik Ostankino, Moskow, Rusia. Legenda tersebut diceritakan saat 5 abad yang lalu.

Wanita tua tersebut berasal dari Ostankino merupakan hantu wanita tua yang begitu bijaksana, sehingga menghampiri beberapa penguasa Rusia dengan memberikan peringatan jika bahaya akan menghampiri. Maka dia akan memberitahukan apabila ada ancaman yang datang ataupun sebuah serangan.

Hantu tersebut juga memberi peringatan jika tempat dimana dia muncul tidak untuk dikelolah. Legenda tersebut juga menceritakan jika ada seorang Tsar (kaisar Rusia) yang enggan mendengar peringatan dari wanita tua itu. Tsar tersebut yang membuat perintah agar dimana hantu tersebut muncul harus ditanami tanaman. Sehingga yang terjadi roh-roh yang menempati tanah tersebut mengganggu warga sekitar, dengan merasuki sebanyak puluhan warga agar melakukan bunuh diri.

5. Nenek Gayung

Kisah yang satu ini membuat ibukota menjadi heboh, saat itu sedang melakukan pembangunan jalur busway. Ada yang mengatakan dengan versi, bahwa nenek gayung tersebut sedang dalam keadaan mencari tumbal untuk melaksanakan pembangunan jalur transportasi tersebut.

Wujud yang di tunjukan nenek gayung dalam sosok sebagai wanita tua  yang sudah renta dengan sikap bingung ketika di tepi jalan. Dengan kedua tangan yang membawa segulung tikar dan sebuah gayung. Kedua benda yang diceritakan bahwa tikar dan gayung tersebut digunakan untuk memandikan jenazah yang sudah di jadikan tumbalnya. Pada saat seorang manusia sudah berbicara kepada nenek tersebut maka dalam beberapa hari nyawanya akan diambil oleh nenek tersebut.

Cerita yang membuat heboh tersebut tentang hantu nenek gayung  juga dimunculkan dalam film horor nasional, yang mengkisahkan dirinya sendiri. Akhirnya cerita nenek gayung kian lama menghilang, dengan di gantikan berbagai fenomena yang lebih baru lagi.

6. Gui Po

Gui Po jika di harfiahkan yaitu hantu wanita tua, yang menyamar sebagai wanita tua yang begitu ramah. Mereka juga disebut sebagai amah (sebutan sebagai asisten rumah tangga di China) saat di panggil ke rumah untuk membantu majikan mereka untuk menjaga bayi yang ada di rumah.

Dengan begitu, ada yang menganggap sebagai makhluk yang jahat, memiliki penampilan yang buruk rupa. Gui Po termasuk jenis yang suka menakuti manusia.

7. Jenny Greenteeth

Untuk sosok yang satu ini merupakan cerita rakyat dari Inggris. Hantu tersebut dikenal dengan nama berbagai versi di daerah masing-masing, yaitu Ginny, Jinny, Jeannie, atau Wicked jenny.

Jenny Greenteeth yaitu seorang perempuan memiliki penyakit jiwa, dengan cara sengaja untuk menenggelamkan manusia hanya demi kesenangannya. Dalam cerita juga disebutkan jika dia mempunyai kulit yang warnanya hijau dengan gigi yang begitu tajam. Menurut beberapa legenda lain, dia sangat suka terhadap anak-anak dan orang tua yang akan dilahapnya. Pada versi lain, Jenny di ilustrasikan sebagai makhluk yang begitu sadis, karena dia sangat menyukai jerit kesakitan dari korbannya.

8. Pisadeira

Kisah legenda yang satu ini berasal dari Brazil, makhluk tersebut juga disebut dengan pisadeira. Jika dalam etimologi yang artinya ‘dia yang melangkah’.

Pisadeira jika kita ilustrasikan, dalam wujud wanita dengan tubuh jangkung, renta, sangat kurus dan memiliki kuku panjang yang kotor. Dia juga memiliki rambut putih yang kusut, memiliki hidung panjang, dengan mata merah serta memiliki gigi yang hijau apabila dia sedang menyeringai.

Pisadeira tinggal di atas atap, dan ketika malam akan mengganggu manusia dengan cara menginjak di bagian dada manusia yang sudah terlelap. Maupun tertidur dengan perut kenyang.

9. Muma Paduri

Pada cerita rakyat Rumania tersebut Muma Paduri merupakan wanita tua dengan wujud yang begitu menakutkan, yang tinggal nya berada di hutan. Dia juga di katakan sebagai makhluk yang jahat.

Muma Paduri juga mempunyai kemampuan yang bisa mengubah dirinya dalam bentuk apapun. Tempat tinggal nya berada di sebuah rumah kecil yang gelap, mengerikan serta tersembunyi.

Muma Paduri suka mengganggu anak-anak. Dengan mencuri anak-anak kemudian memperbudak mereka. Cerita tersebut sangat populer, karena di ceritakan telah merebus gadis kecil ke dalam sup yang dibuatnya.

Akibat mempunyai reputasi yang sangat jelek, dahulunya telah membuat mantra agar bisa melawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hujan Es Terjadi Pada Daerah Di Depok

Berita Bagus 001 – Kembalinya lagi hujan es terjadi pada daerah Depok pada Selasa (23/10). ...