Bukan Mitos Ternyata Manusia Mempunyai Tujuh Indra

BeritaBagus001 – Manusia hanya memiliki lima panca indra : sentuhan, penglihatan, pendengaran, penciuman dan pengecap. Fungsi dari panca indra tersebut saling berinteraksi untuk mengirim pesan ke otak, supaya dapat membuat manusia mengerti dan memahami lingkungan sekitar.

Selain lima indra yang ada pada diri manusia, ada juga indra yang lainnya. Dan beginilah cara kerjanya, yang di lansir dari Live Science, Selasa (24/10/2107).

Sentuhan

Stanford Encyclopedia of Philosophymen menanggapi sentuhan merupakan indra pertama yang mengungkapkan manusia berkembang.

Sentuhan memiliki berbagai sensasi yang berbeda sehingga di komunikasikan ke otak melalui neuron khusus pada kulit. Tekanan, suhu, sentuhan ringan, getaran, rasa sakit,  dan sensasi lainnya merupakan bagian dari indra perasa yang disebabkan oleh reseptor yang berbeda pada kulit.

Selain itu sentuhan bukan hanya sebagai indra yang di gunakan untuk berinteraksi dengan dunia. Sentuhan dapat di gunakan untuk hal lain seperti kesejahteraan manusia. Misalnya, perasaaan simpati atau perhatian yang menggunakan sentuhan dari satu manusia ke manusia lain.

Sentuhan juga bisa mempengaruhi manusia bagaimana cara mengambil keputusan dengan tepat. Sebanyak enam penelitian terungkap di lakukan psikolog dari Universitas Harvard dan Universitas Yale, yang di terbitkan dalam jurnal Scienceedisi 24 juni 2010.

“Sensasi bukan hanya mengubah orientasi umum atau buat orang memeiliki suasana hati yang baik. Sentuhan juga memiliki ikatan dengan makna abstrak,” ujar Joshua Ackerman, asisten profesor pemasaran dari Institusi Teknologi Massachusetts.

Penglihatan

Dengan mata kita melihat merupakan proses yang begitu kompleks, dengan pemantulan cahaya dan melihat benda. Dengan cahaya kita dapat menerjemahkan warna, visi dan detail tertentu. Agen Domino Terpercaya

Melalui penelitian yang di terbitkan  di jurnal PLOS One pada Maret 2017, tanpa melihat orang dapat menggunakan indra lain seperti pendengaran, sentuhan, pengecap dan penciuman. Kemampuan yang dimiliki oleh tunanetra ingatan dan bahasa kemungkinan lebih baik dari orang yang terlahir dengan penglihatan.

” Manusia dengan kondisi buta, otak meraka akan menguat diri dengan menggunakan informasi yang ada sehingga dapat berinteraksi dengan cara yang lebih efektif,” kata Dr Lotfi Marabet, merupakan penulis senior juga sekaligus direktur Laboratorium Neuroplastik Visual di Schepens Eye Reserch Institute of Massachusetts Eye and Ear.

Pendengaran

Cara kerja pendengaran bekerja lewat labirin telinga. Suara melalui kanal pendengaran eksternal sampai gelombang suaramencapai gendang telinga.

Keseimbangan suara yang dihasilkan karena adanya tabung Eustachius atau tabung faringotimik yang letaknya berada di tengah menyamankan tekanan udara di telinga tengah dengan tekanan udara di atmosfer.

Kompleks vestibular di bagian dalam telinga merupakan hal penting karena mengandung reseptor dengan mengatur keseimbangan. Telinga bagian dalam terhubung dengan sarap vestibulocochlear, yang membawa informasi suara dan keseimbangan ke otak.

Penciuman

Dari penelitian penciuman manusia dapat mengetahui lebih dari satu triliun aroma. Menurut American Rhinologic Society, hidung melakukan penciuman dengan celah yang di temukan di atap  rongga hidung, bohlam penciuman, dan fosa. Ujung saraf indra penciuman mengirim bau ke otak.

Sebuah jurnal yang di terbitkan yaitu Science edisi 11 Mei 2017 mengatakan bahwa indra penciuman manusia sama baik nya dengan anjing. Dikarenakan manusia dapat membedakan 1 triliun bau yang berbeda.

“Fakta mengatakan bahwa indra penciuman manusia sama baiknya dengan mamalia lain seperti tikus dan anjing, “John McGann, ilmu syaraf di rutgers University-New Brunswick, New Jersey yang menulis jurnal tersebut.

Pada manusia penciuman bau bisa menurun di akibatkan oleh kondosi medis atau penuaan, misalnya mengalami gejala skizofrenia dan depresi. Hal ini di tulis dalam makalah yang di terbit 2006 di National Institutes of Health.

Pengecapan

Lidah bisa membedakan empat rasa utama : asin, asam, manis dan pahit. Dan rasa terakhir adalah rasa gurih.

Hal yang kita dapat dari National Library of Medicine (NLM), orang dewasa memiliki 2.000 sampai 4.000 rasa pada lidah. Beberapa juga ada di pangkal tenggorokan, epiglotis, rongga hidung dan kerongkongan.

Menurut NML sel indra pengecap dari setengahnya dapat merasakan reaksi terhadap lima rasa dasar. Ada sel berbeda dengan tingkat sensitif yang berbeda. Agen Domino Terbaik

Misalnya ada beberapa sel yang sensitif terhadap rasa manis, diikuti pahit, asam dan asin. Dengan pengalaman mengecap sebuah rasa maka kita akan mendapat informasi dari berbagai bagian lidah yang di gabungkan.

Bagian lain dari sensorik khusus bisa bereaksi pada satu rasa. Fungsinya untuk mengirim informasi tentang intensitas, seberapa asin atau manisnya sesuatu.

Proprioception (the sense of space)

Selain panca indra di atas, ada hal lain yang ada hubungannya dengan bagaimana otak memehami tubuh. Proprioception mncapai gerakan dan posisi anggota badan dan otot. Bagian indera ini memungkinkan seseorang menyentuh jari ke ujung hidung, meski mata tertutup. Seperti menaiki anak tangga, manusia tidak perlu melihat satu persatu anak tangga.

Peneliatian dari National Institutes of Health (NIH) mengatakan bahwa setiap org memiliki proprioception yang sangat sedikit melalui mechanosensation atu kemampuan untuk merasakan kekutan contoh seperti org sedang menekan kulit anda.

Pernah di ungkapkan pada sebuah studi pada 2016 di New England Journal of medicine. “Seorang pasien dari (gen) PIEZO2 mungkin tidak bekerja, jadi neuron mereka tidak dapat mendeteksi gerakan sentuhan” kata Alexander Chesler, seorang peneliti utama di Pusat Nasional.

Indra dan Variasi Tambahan

Ada indra-indra halus yang tak bisa di rasakan oleh manusia. Contohnya ada beberapa sensor neuron yang merasakan gerakan untuk mengendalikan keseimbangan dan kemiringan kepala.

Reseptor gerak ada untuk melacak pernggangan otot dan urat, membantu manusia tetap mengontrolbagian tubuh mereka. Reseptor lainnya bekerja untuk mendeteksi kadar oksigen di arteri aliran darah.

Seperti pada orang sinetesia yang dapat melihat suara sebagai warna atau mengaitkan pandangan tertenru dengan aroma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rahasia Dari Selebrasi Marko Simic Dengan Jari Telunjuk Tutupi Mulut

Berita Bagus 001 – Seorang penyerang dari klub Persija Jakarta, marko Simic tidak banyak bicara ...