Komnas HAM : Pengesekusian di Era Jokowi Lebih Besar Dibandingkan Era SBY

Berita Bagus – Kebijakan hukuman mati akan akan di pertahankan selama pemerintahan Presidan Jokowi menurut Mantan Ketua Komnas HAM Ifdhal  Kasim, sebagai cara mengatasi melambungnya kasus narkotika di Indonesia.

Presiden Jokowi juga sempat  beberapa kali mengatakan bahwa dengan menjatuhkan hukuman mati terhadap pelaku kejahatan narkotika, terutama bandarnya, akan mengurangi jumlah kasus pada kejatan narkotika.

“Dalam pemerintahan sekarang dalam waktu sepanjang 3 tahun, akan kita saksikan eksekusi yang lebih besar di bandingakan pada pemerintahan sebelumny” kata Ifdhal dalam diskusi di Jakarta.

Ifdhal juga mengatakan jumlah eksekusi mati di era Presidan Susilo Bambang Yudhoyono lebih rendah di bandingkan pada era Presiden Jokowi. Agen Domino

Staf Ahli Deputi V Bidang Politik, Hukum, dan HAM Kantor Staf Presiden (KSP) menilai Indonesia masih  pragmatis menghadapi besar nya kasus penggunaan narkotika.

Sorotan Internasional kepada Indonesia dalam forum Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) tentang masalah narkotika, sehingga sejumlah negara juga menyorot soal tinggi nya angka hukuman mati di Indonesia.

“PBB sudah mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada Indonesia. Intinya yaitu hukuman mati di Indonesia harus di hapuskan. Kalau belum hapus , mereka mengajukan untuk melakukan moratorium hukuman mati dengan jumlah yang tinggi,” kata Ifdhal.

Rekomendasi yang di ajukan oleh PBB tidak begitu di sambut baik oleh indonesia. Menurut Ifdhal, dalam pemerintahan Indonesia cenderung menolak melaksanakan rekomendasi yang di berikan PBB. Tetapi tidak semua rekomendasi.

“Tidak semua rekomendasi kita tolak, tapi di beri pertimbangan. Ada juga rekomendasi yang tidak kita pertimbangkan untuk di evaluasi, yaitu moratorium eksekusi mati,” kata Ifdhal. Agen Domino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rahasia Dari Selebrasi Marko Simic Dengan Jari Telunjuk Tutupi Mulut

Berita Bagus 001 – Seorang penyerang dari klub Persija Jakarta, marko Simic tidak banyak bicara ...